Pemuaian pada kabel jaringan listrik

















Pemuaian adalah bertambahnya ukuran benda akibat kenaikan suhu zat tersebut. Sebagian besar zat akan memuai bila dipanaskan (suhu naik) dan menyusut ketika didinginkan (suhu turun). Pemuaian dapat terjadi pada zat padat, cair, maupun gas.


Dalam kehidupan sehari-hari terdapat banyak contoh pemuaian. Misalnya pemasangan kaca jendela, pemasangan sambungan rel kereta api, pemasangan bingkai besi pada roda pedati, pemasangan jaringan listrik dan telepon, serta keping bimetal. Namun pada riset ini, saya memilih tentang pemuaian pada kabel jaringan listrik.


Saya pun mengamati kabel-kabel jaringan listrik yang ada disekitar tempat tinggal saya. Pada siang hari yang panas kabel-kabel itu nampak kendur sedangkan pada malam hari yang dingin kabel-kabel itu terlihat lebih kencang. Mengapa demikian??

Hal itu terjadi karena adanya pemuaian. Pemuaian pada kabel jaringan listrik ini termasuk dalam pemuaian panjang pada zat padat. Pada siang hari kabel jaringan listrik yang terbuat dari serabut tembaga ataupun tembaga pejal dapat memuai karena adanya panas matahari yang menyebabkan kenaikan suhu pada kabel tersebut. Sehingga molekul-molekulnya akan bergetar lebih cepat dan amplitudo getaran akan bertambah besar, akibatnya jarak antara molekul benda menjadi lebih besar dan terjadilah pemuaian. Sedangkan pada malam hari kabel jaringan listrik tersebut mengalami penyusutan dan akan terlihat lebih kencang. Penyebab lainnya mengapa kabel jaringan listrik dipasang kendur dari tiang satu ke tiang lainnya adalah agar pada saat terjadi penyusutan kabel tidak terputus karena terlalu kencang.

Maka dari itulah mengapa kabel jaringan listrik itu terlihat kendur pada siang hari dan lebih kencang pada malam hari serta mengapa kabel jaringan listrik itu di pasang agak kendur.

Komentar

  1. berarti kabel di buat kendur untuk menghindari penyusutan di malam hari dong kak???

    BalasHapus
  2. berarti kabel di buat kendur untuk menghindari penyusutan di malam hari dong kak???

    BalasHapus
  3. Jadi gitu yah (y). (y)
    \ :*/
    ( (
    ) )
    / \
     

    BalasHapus
  4. terimakasih sangat membantu ^_^

    BalasHapus
  5. Sungguh sangat membantu terimakasih ya kak

    BalasHapus
  6. 🙏🙏 terimakasih kaka

    BalasHapus

Posting Komentar