Handphone dan SPBU

Gelombang elektromagnetik adalah gelombang yang tidak memerlukan medium untuk merambat dan juga dapat merambat di ruang hampa.

Cukup banyak contoh gelombang elektromagnetik yang ada di sekitar kita. Misalnya handphone, microwave, sinar X, sinar gamma, Infra red, Bluetooth dan lain-lain.











Nah, bicara tentang handphone. Pernahkah kalian melihat papan larangan pada saat mengisi bensin di SPBU? Ya, salah satu dari larangan-larangan tersebut ada terdapat larangn untuk menggunakan handphone pada saat berada di sekitar SPBU.. Mengapa demikian??

Banyak penyebab yang memicu terjadinya ledakan selain dari percikan api, salah satunya adalah perbedaan tekanan gelombang radio yang kuat. Pada saat handphone diaktifkan (menerima atau memanggil telp) akan memancarkan gelombang elektromagnetik yang bisa saja menyebabkan terjadinya perbedaan tekanan gelombang radio yang kuat secara tiba-tiba. apabila hal tersebut terjadi di lingkungan yang banyak terdapat gas yang sangat mudah terbakar (uap bensin) maka akan sangat beresiko terjadinya ledakan. Hal tersebut bukan pasti terjadi, tapi mungkin terjadi. Jadi, sebaiknya kita tidak mengaktifkan handphone pada saat mengisi bensin. ^^ ..

Komentar