Listrik dan SUTET


Pernahkah kalian mendengar SUTET?? Sebenarnya apakah SUTET itu?? Dan apakah manfaatnya??

SUTET atau Saluran Udara Tegangan Ekstra Tinggi merupakan media pendistribusian listrik oleh PLN berupa kabel dengan tegangan listriknya dinaikkan hingga mencapai 500kV yang ditunjukkan untuk menyalurkan listrik dari pusat pembangkit listrik menuju pusat-pusat beban yang jaraknya sangat jauh.

Mengapa SUTET di bangun?? Nah, hal itu karena apabila listrik ditransmisikan pada jarak yang jauh melalui suatu konduktor, maka lama-kelamaan energi listrik tersebut akan berkurang karena telah berubah menjadi energi panas pada kebel listrik. Untuk menghindari hal tersebut maka salah satu cara yang dilakukan oleh PLN yaitu dengan menaikan tegangan listrik. Tujuan penaikan tegangan listrik tersebut adalah untuk mengurangi energi listrik yang terbuang akibat diubah menjadi energi panas saat melewati kabel listrik sehingga energi listrik bisa disalurkan secara efisien. Hal tersebut sesuai dengan hukum fisika yaitu pada tegangan yang sangat tinggi dan kuat arus yang rendah maka listrik tidak akan berubah menjadi energi panas saat dilewatkan pada suatu konduktor. Hal itu diperlukan karena mengingat wilayah mengingat wilayah negara Indonesia yang sangat luas sehingga jarak yang dibutuhkan dari sumber pembangkit listrik ke daerah tujuan juga sangat jauh. Sehingga dibangunlah SUTET.

Salah satu contohnya adalah SUTET yang menghubungkan daerah KAL-TENG dan KAL-SEL. Tanpa adanya SUTET, kita tentunya tidak dapat menikmati listrik seperti sekarang ini. Walaupun terkadang harus mengalami pemadaman listrik bergilir karena harus berbagi dengan daerah tetangga. Walaupun begitu, tetaplah bersyukur.. ^^

Komentar