Rangkaian Lampu Flip Flop




Pada rangkaian diatas, kedua transistor menghantar dan menyumbat secara bergantian sehingga lampu LED D1 dan D2 akan menyala dan padam secara bergantian. Kecepatan pergantian nyala-padam kedua LED tersebut ditentukan oleh besarnya kapasitor C1 dan C2. Makin besar nilai kapasitor tersebut akan makin lambat frekuensi pergantian nyala-padam kedua lampu LED. Dengan nilai C1 = C2 maka LED1 dan LED2 akan nyala-padam dengan frekuensi yang sama.


Alat dan Bahan

No

Nama Komponen

Jumlah

Keterangan

1

R1

1

56

2

R2, R3

2

10K

3

R4

1

47

4

D1-D4

4

IN 4148

5

C1, C2

2

220µ / 16 V

6

TR1 , TR2

2

S8050

7

Battery

2

1.5 V

8

Switch

1

-

9

PCB

1

-

10

kabel

secukupnya

-

11

Timah/Tenol

secukupnya

-

12

Solder

1

-

Komentar

  1. aku lagi nyari buku tentang Rangkaian lampu flip-flop buat melengkapi TA-ku,tlg bantu aku cr tau nama pengarang atau penerbitNya????soalnya aku bukan anak elektro,,please help me

    BalasHapus
  2. Aduh sorry Say, kalo masalah buku aku juga ga tau..
    Ini aja aku minta ajarin sama temanku yang anak elektro
    Maklum aku juga bukan anak elektro say.. :)

    BalasHapus
  3. mkasi meri...
    sangat membantu......
    dhani, surabaya

    BalasHapus
  4. Jadi inget jaman STM dulu nih flip-flop :D

    Tapi ini adalah dasar yang harus di mengerti bener2 lho, soalnya rangkaian-rangkaian yg rumit banyak yang mengadopsi sistem flip-flop sebagai triger nya

    BalasHapus
  5. makasih infonya ya, aku anak elektro tapi basicnya anak SMA, jadi buta banget soal rangkaian flip flop :D

    BalasHapus
  6. makasih..akhirnya Q bs selsaikan tgsQ dgn baik. :( walaupun Q d bidang elektro but,msh biiinguuung --" nih..sm beginian ( slh ambil jurusan )

    BalasHapus
  7. ikut nebeng ilmu nie mkzh eaaaa mpokk

    BalasHapus
  8. Acak acakan bro, rapi dikit napa

    BalasHapus
  9. ngx rapi .....
    tai kereenn

    BalasHapus
  10. mbak bro, q pux mslah dr jmn smp dulu
    tiap kali bikin tu lampu selalu nyala terus lmpux
    bkne flip flop
    kira2 p yg slah
    pdhl komponen sudh q pasang sesuai dg gmbar d pcb

    BalasHapus
  11. kalo pakek program TINA TR1 sama TR2 pakek yang mana mbak eee

    BalasHapus
  12. bikinin dong kakak,,

    BalasHapus

Posting Komentar