Kena minyak panas? don't worry


Waduh ! pedih.. pedih.. :'(
Karena pembantu yang setiap tahunnya punya jadwal 'mudik' tiap-tiap ada hari-hari besar, aku dan keluarga pun harus mandiri. Kami berbagi tugas dalam mengurus rumah dan lainnya.
Aku kedapatan tugas untuk Memasak sarapan, makan siang, juga malam (tapi sambil dibantu mamah juga sih.. hee).
Dan pagi ini, aku bangun telat ! hee.. biasalah liburan. Mamah dan Papah sudah pergi dan sibuk dengan pekerjaannya masing-masing. Tinggallah aku di rumah dengan kedua adik perempuan dan satu adik laki-lakiku. Setelah mandi, akupun bersih-bersih rumah karena sudah dipesanin mamah dari tadi malam ^^. Saat sedang asik-asiknya, eh, tiba-tiba datanglah Gita (adikku yang pertama) membawa sebungkus mie goreng, 3 telur, juga sebungkus bumbu nasi goreng. Haa.. Alah-alah.. ternyata adik-adikku pada belum makan semua. ^^. Ya..ya.. Aku mengerti.
Langsunglah aku buatkan sarapan untuk mereka. Tapi waktu membuat telur mata sapi.. plasss.. mendaratlah butiran-butiran minyak panas itu ke jari tengah dan jari manisku. weleh-weleh. Seketika itu juga aku memantikan kompor gas yang menyala itu mencari pasta gigi untuk mencegah melepuhnya kulit jari-jariku ini. hee. Tapi kok, PPUUAAANNNAAASSS nya PPPOOOOLLL.... huaaa... tidak tahan akhirnya kucuci olesan tadi. Setelah kulihat tak apalah ternyata cuma merah saja. Tidak sampai melepuh. Syukur.. syukur. Tapi masih saja pedih dan panas. Setelah selesai sarapan, Gita pun melihat jari tanganku yang memerah dan bertanya sebabnya. Akhirnya kuceritakan padanya. Seketika itu dia pun langsung menuangkan kecap manis ke jari saya dan rasanya.... tidak pedih dan panas lagi !! wedeh.. mantap nian adikku.
Karena penasaran, akupun surfing" di paman google.

Ternyata eh ternyata, untuk luka bakar sebenarnya jangan di beri pasta gigi, karena sifatnya yang mengering bila terkena udara akan berakibat fatal pada kulit, tergantung juga tipe terbakarnya. Karena bisa meninggalkan flek hitam pada bekas luka bakar.
Sedangkan kecap manis hanya menimbulkan merah pada kulit kurang dari 24 jam lalu kulit akan kembali normal. Hal ini disebabkan karena ang berperan penting adalah kandungan protein dalam kecap manis itu. Selain itu, margarin juga bisa digunakan.

So, kalo kita ada masalah serupa di dapur, ga usah jauh-jauh. Cukup manfaatkan benda-benda disekitar saja.

Good Luck all. ^^

Komentar

Posting Komentar