Mengapa saya malas?

Mengapa saya malas?

Karena saya tidak senang.

Jawaban yang cukup sederhana dan memang benar adanya. Contoh sederhana misalnya kita disuruh orangtua kita mencuci piring, padahal baru saja kita pulang dari sekolah. Mungkin ada sebagian dari kita yang melakukannya, tetapi dengan wajah yang tidak ikhlas dan sambil ngedumel atau bahkan menolaknya, baik itu dengan diam saja ataupun sambil mengomel balik.

AKU MALAS !

AKU CAPEK !

Dan kata-kata lain yang tidak jarang kita ucapkan. Jujur, kadang sayapun bisa mengucapkan kata-kata itu. Namun, setelahnya ada terbersit rasa menyesal, tidak enak hati, dan lain-lain. Tapi mau apalagi? MALAS.

Tidak ada orang yang suka melakukan hal yang disenanginya. Ketika kita disuruh belajar, mengerjakan tugas, les ini dan les itu selalu saja kata-kata MALAS yang keluar. Apalagi suasana sangat tidak mendukung, seperti panas atau hujan. Gerimis pun selalu menjadi alasan. Tapi ketika kita ditawari jalan-jalan, makan disana, makan disini, beli ini, beli itu tanpa disuruh dua kali pun kita langsung siap. Megapa? Karena kita menyenanginya.

Ya, seandainya MALAS itu ada obatnya, pasti saya beli. Dimanapun dan berapapun itu (:Asal jangan di akhirat dan membolongkan dompet saja :D ).

Satu satunya cara hanyalah dengan MELAWANNYA. Kemalasan itu hanya bisa dilawan. Kita harus punya motivasi. Entah itu dari diri kita sendiri ataupun orang lain. Saya selalu berusaha membangun motivasi saya. Bagaimanakah? Biasanya saya selalu berfikir kalau saya malas, saya akan begini dan jika saya rajin, maka saya akan begitu. Berpikir jauh kedepan akan kehidupan kita itu sangat efektif untuk mengatasi kemalasan (bukan berarti masalah itu harus kita naiki agar kita berada diatasnya :D).

Setiap orang pasti memiliki jawaban yang berbeda-beda. Hingga tak jarang kebanyakan dari alasan-alasan mereka itu tidak masuk di akal. Tapi, tidak lantas kita tidak bisa memahaminya. Karena sebenarnya alasan itu hanya tidak masuk di akal kita saja, bukan di akal mereka. Itulah manusia dengan segala keberagamannya. :)

Komentar