Question list

Kadang muncul pertanyaan-pertanyaan yang kadang tidak terpikir oleh kita tetapi sering kita alami.

Mengapa makanan berkuah akan terasa kurang enak jika dinikmati dalam keadaan dingin?

Hal itu disebabkan karena pada permukaan kuah bakso yang dingin kaldu dari kuah bakso yang berupa lemak berkumpul permukaan sehingga membentuk seperti selaput tipis elastis yang tentunya sedikit lebih keras dibanding kuah bakso yang panas. Kemampuan kuah yang berupa zat cair tersebut untuk membentuk selaput tipis elastis biasa disebut dengan tegangan permukaan. Jadi pada saat kita meneguk kuahnya terasa tidak enak.

Mengapa sebaiknya jika kita makan makanan yang panas tidak meminum minuman yang dingin?

Karena perubahan suhu secara ekstrim pada tubuh menyebabkan tubuh menjadi 'panik' sehingga dapat mengacaukan sistem metabolisme yang ada di tubuh.

Apa benar jika kita makan makanan yang panas lalu meminum minuman yang dingin akan menyebabkan kolesterol?

Benar. Karena lemak lebih sukar larut dalam suhu yang rendah. Maka, lemak dapat mengendap di tubuh dan lambat laun menyebabkan kolesterol.

Mengapa mie instan dapat menyebabkan radang usus?

Karena lilin pada mie instan menempel pada dinding usus dan menyebabkan usus sulit untuk melaksanakan fungsinya. Salah satunya yaitu absorpsi sari-sari makanan dan air. Dokter menganjurkan untuk membuang air yang digunakan untuk memasak mie tersebut. Tujuannya agar lapisan lilin dari mie yang masuk ke tubuh dapat di minimalisir. Dapat juga dengan mengkonsumsinya dengan mentimun. Karena mentimun dapat melunturkan lapisan lilin yang menempel pada dinding usus.

Semoga bermanfaat.

Komentar