Awas ! kepiting bersenjata



Lucu ya.. pistol crab. kayak koboi gitu. Tapi, kepiting ini benar-benar ada. Walaupun bentuknya membingungkan antara udang dan kepiting.

Kepiting yang bernama latin Apheus Saxidomus ini mampu menembakkan pusaran air yang berkecepatan maksimal hingga mencapai 100 km/jam!

Sebelum penembakan, pistol crab "mengokang" capitnya terlebih dahulu dengan cara membuka capitnya selebar yang dia inginkan. Saat target sudah berada dalam area tembakan, maka dia akan menutup capitnya dengan selang waktu yang luar biasa, kurang dari 1/1000 detik! Akibatnya, di depan capitnya akan muncul cavitation bubble atau gelembung hampa yang segera kolaps dan menimbulkan gelombang kejut. Temperatur area di sekitar gelombang kejut ini akan meningkat drastis dan bahkan mencapai angka 5000 Kelvin, itu kira-kira sekitar 4.700 derajat celcius!

Selain suhu dan kekuatan, tembakan dari pistol crab ini juga amatlah keras. Rata-rata mencapai 240 desibel. gemuruh jet pesawat saja hanya 150 desibel. Didukung oleh sifat air sebagai penghantar suara yang baik, suara ledakan dari capit pistol crab ini dapat didengar hingga berkilo-kilometer jauhnya.

Sebagian besar pertarungan antara spesies yang memiliki kebiasaan bertarung atau berduel dengan sesama jenisnya, biasanya karena perebutan wilayah, makanan, atau perebutan pasangan kawin, meninggalkan luka yang cukup parah dan bahkan menyebabkan tewasnya salah satu pihak sebagai hasil dari duel tersebut.

Meskipun kedua belah pihak saling menembak, mereka memiliki aturan jarak yang cukup ketat. Mereka saling menjaga jarak satu sama lain dalam jarak yang dianggap aman. Tembakan-tembakan yang dilepaskan tidak akan menimbulkan kerusakan sedikitpun pada lawannya, tembakan-tembakan tersebut dilepaskan hanya untuk menunjukkan siapa yang memiliki senjata yang lebih besar dan kuat. Setelah beberapa tembakan, maka yang kalah akan segera menyingkir dengan sendirinya.

Let's see this video

Komentar

  1. waaahhh
    bahaya toe..
    wktu mo di makan,, ekhh malah ngajakin perang...
    ckckckkk :)

    BalasHapus
  2. haaa... dia mah enak ada pistol di tangan. ah kita..

    BalasHapus

Posting Komentar