decompression chamber

Dekompresi didefinisikan sebagai suatu keadaan medis dimana akumulasi nitrogen yang terlarut setelah menyelam membentuk gelembung udara yang menyumbat aliran darah serta system syaraf. Akibat dari kondisi tersebut maka timbul gejala yang mirip sekali dengan stroke, dimana akan timbul gejala-gejala seperti mati rasa (numbness), paralysis (kelumpuhan), bahkan kehilangan kesadaran yang bisa menyebabkan meninggal dunia.

Ruang dekompresi adalah sebuah kapal bertekanan yang digunakan sebelum menyelam disediakan untuk memungkinkan para penyelam untuk menyelesaikan dekompresi mereka berhenti di akhir menyelam di permukaan air. Hal ini menghilangkan banyak risiko dekompresi panjang bawah air, dalam kondisi dingin atau berbahaya.

Sering kali istilah "ruang dekompresi", "ruang rekompresi dan "ruang terapi oksigen hiperbarik" digunakan secara bergantian. Istilah tersebut memiliki kegunaan yang berbeda, namun memiliki tujuan yang sama, diantaranya:

* Ruang recompression digunakan untuk mengobati penyelam yang menderita gangguan menyelam tertentu seperti penyakit dekompresi



* Ruang terapi oksigen hiperbarik digunakan dalam konteks rumah sakit atau olahraga untuk mengobati pasien yang kondisinya mungkin manfaat dari perawatan oksigen hiperbarik, termasuk penyelam

Komentar

  1. Wahhh.. Mantab ni.. Siip.. Siip.. :D

    BalasHapus
  2. Merr, aku bingung mau komen dimana. Masalahnya ini nggak ada hubungan nya sama tulisanmu. Hihi saya suka musik instrumenya :)
    Kesannya tenang banget :P

    BalasHapus

Posting Komentar