scuba dive record

Seberapa dalam seseorang bisa menyelam dan siapakah pencatat rekornya ?

Kedalaman maksimum menyelam tergantung pada tekanan parsial oksigen. Udara yang kita hirup di permukaan 0,2 Bar. Semakin dalam maka semakin besar tekanan parsial itu. Pada kedalaman 10 meter tekanannya menjadi 0,4 bar dan di 20 meter akan berada di 0,6 bar. Oksigen menjadi beracun di sekitar 1,6 bar tekanan parsial, kedalaman menyelam maksimum yang aman di suhu biasa sekitar 70 meter (230 kaki). Diving kedalaman ekstrim ini tidak dianjurkan, tergantung dari masing-masing individu.
Kedalaman maksimum menyelam juga berhubungan dengan persen oksigen dalam campuran pernapasan. Campuran udara napas kita sebagai manusia sebagian besar terdiri dari oksigen dan nitrogen. Rasionya adalah sekitar 80% nitrogen dan oksigen 19% dan gas 1% lainnya. Gas oksigen, yang sama, yang membuat kita hidup dapat menjadi racun dan membunuh kita di bawah tekanan tinggi. Tapi satu cara untuk mencegah toksisitas oksigen adalah untuk mengurangi konsentrasi oksigen dan menggantinya dengan gas yang berbeda, seperti helium. Karena tubuh kita hanya menggunakan sekitar 5% dari 19% oksigen di udara, kita dapat mengganti sebagian dari gas dengan sesuatu yang relatif aman di bawah tekanan. Ini disebut gas tri-mix. Hal ini dapat digunakan untuk menyelam jauh lebih dalam dari batas rekreasi dari 130 kaki (40 m).


penyelam terdalam (wanita)

Verna vvan schaik menyelam ke kedalaman 221 meter (725 kaki) di gua Boesmandgat di Afrika Selatan, Provinsi Northern Cape pada tanggal 25 oktober 2004. Penyelaman berlangsung 5 jam 34 menit dan hanya memerlukan waktu 12 menit untuk turun. guinness world here

Penyelam air laut terdalam


Nuno Gomes menyelam ke kedalaman 318,25 meter (1044 kaki) di Laut Merah off Dahab, Mesir, pada tanggal 10 Juni 2005.
guinness world , scuba records , nuno gomes

Komentar