THE JOURNEY OF A (NOT SO) FRESHGRADUATE

Tulisan ini sebenarnya sudah menjadi draft semenjak awal 2017. Namun memang baru sekarang aku posting karena memang niat awalnya akan diposting ketika sudah mendapatkan pekerjaan. Sayangnya, setelah mendapat pekerjaan pun ternyata masih susah nyari waktu buat nulis lagi hehe.

Supaya alur ceritanya nyambung, aku kasih info dulu kalo sebelumnya aku cuma pengen kerja di Jogja. Emang sih asalku dari Kalimantan dan cuma numpang kuliah aja di sini. Tapi kalo ini diceritain juga bakal panjang banget. Maybe next story deh ya. Kita fokus dulu. 

Tanpa basa-basi yang lebih basi lagi, aku langsung ceritain awal aku nyari kerja sampe akhirnya aku ada di tempat yang sekarang.


1. Inspira Playspace - Sekretaris

Awal liat lowongan ini via instagram. Instagram memang menjadi salah satu platform pencarian kerjaku. Caranya otak atik di kolom search aja. Misal, #lowonganjogja #kerjajogja dst. Aku sih udah lupa ya dulu hashtagnya apa pas nemu ini. Langsung lah ya kan aku search. Ingat nih penting banget. Begitu liat lowongan yang menarik, search dulu. Selain buat persiapan kalau kepanggil interview, kamu juga mesti hati-hati karna banyak oknum yang memanfaatkan para pencari kerja demi kepentingan pribadi. So, be careful guys.

Back to searching tadi, aku berkesimpulan ini tempat keren abis! Ini kayak Google versi lokal. Pengelolaan SDM dan sistem kerjanya anak muda banget. Buat kamu yang suka tantangan dan inovasi ini keren abis.

Aku sudah tes online dan interview beberapa tahap. Yang bikin agak ragu adalah... aku itu orangnya dominan otak kiri. Sedangkan yang dicari adalah orang berotak kiri. Lah, cocok dong ya?! Nah... disitulah tantangannya. Aku harus menjadi orang yang berotak kiri di antara orang-orang yang berotak kanan. Pusing gak tuh?! Ngelawan arus abis.

Sebenarnya aku masih lanjut ke tahap berikutnya, tapi gak bisa karna sudah keterima di tempat lain.
   

2. PT Gunung Samudera Tirtomas - Sekretaris

Nah, tempat lain yang aku maksud tadi adalah yang kedua ini. Biasa, ini juga dapat info dari hasil searching Instagram. Rekrutmennya emang barengan sama yang di atas. Tapi, ini sehari doang kelar dan langsung diumumin. Rekrutmennya simpel, cuma langsung interview sama dirutnya yang bakal di-serketaris-in. Setelah semua kandidat selesai diinterview, langsunglah diumumin kalo aku yang diterima. Yeay! Happy dong.

Setelah dua minggu berlalu, aku resign beb. Untuk alasan dan lain-lain adalah rahasia. Tapi aku salut sama perusahaan ini dirutnya masih muda dan rekan-rekan kerjanya kocak juga menyenangkan.
Next!


3. PT BRA - MT/Compliance

Kalau yang ini, dapat dari website karir kampusku. Aku dipanggil dan mengikuti serangkaian tes tertulis dan berlapi-lapis interview. Intinya hari itu juga aku diterima! yeay.. alhamdulillah. Tapi keesokan harinya aku memutuskan untuk mengundurkan diri karna merasa gak akan kuat dengan sistem kerja di pabrik hehe.
Lanjut!

4. PT Arga Arta Utama - Kepala Admin

Yang ini.. haha... aku pergi di tengah-tengah tes. Simpel. Aku baru tau kalo yang sebenarnya dicari cuma admin dan itu admin keuangan. Walaupun aku manajemen konsentrasi keuangan.. tapi entah, aku malah ga mau ngerjain per-akuntansi-an dalam dunia kerjaku.
So, skip.

5. AJB Bumiputera 1912 KC Eksekutif Yogyakarta - Unit Manager

Yang ini sama, gak seperti judul lowongannya. Pas datang ternyata yang dicari sales. Sebenernya udah diterima langsung di tempat. But no, thanks. hehe

6. Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa - Administrasi

Yang ini aku udah sampe tahap akhir. Tapi ternyata kemampuan excelku kurang mumpuni untuk posisi ini. So, ya, skip juga.

7. PT Central Capital Futures - MT

Ini, jadi sales juga. Udah diterima di tempat. Tapi, ga mau juga. So, skip!

8. Nasmoco - MT Administrasi

Ini tahap pertama aja udah gak lolos hahaha. Gile yang tes banyak banget! antrinya lama... pengumuman lama.... ternyata, gak lolos juga. Gak papa. Kita lanjut lagi kan.

9. Bank Indonesia (Amiiiinn) - Calon Pegawai Bank Indonesia Setingkat Staff

Ini ya rekrutmennya kalo gak salah bulan Juni 2017 dan berakhir Desember 2017 dimana setiap satu tahapnya berjarak satu bulan. Aku pilih penempatan Palangkaraya which is itu adalah asalku hehe. Semua keluarga ada di sana. Setelah sekian kali berkutat dengan lamaran di Jogja, akhirnya aku memperluas pandangan dan just go for it.

Tahapannya banyak. Waktu itu aku ambil tempat tesnya di semarang karna yang paling deket ya itu doang hehe. Alhamdulillah lolos terus sampai pada akhirnya sisa tahap terakhir, interview panel... (aku skip dulu ya ini. Karna berkaitan sama yang dibawah).

10. PT Telkom Indonesia - Great People Trainee Program VI

Dalam rangka perluasan pandangan, akhirnya aku mulai berani apply yang penempatannya di luar Jogja. Salah satunya adalah Telkom. Nah, ini cepet banget prosesnya. Rasanya apply awal agustus 2017 trus tes online trus offline dan pengumuman awal september. Alhamdulillahnya keterima dan mulai bintal dll september 2017 akhir.

Berlanjut ke cerita si BI nih. Aku sempat dilanda galau tuh. Antara ambil Telkom atau tetap lanjut proses BI. Segala macam usaha aku lakuin. Mulai dari sholat istikharah sampai meminta pendapat ke banyak orang. Dan pada akhirnya, aku memutuskan untuk ambil Telkom. Yang pasti-pasti aja ye kan. Lagian kalo dibandingin, yang BI hanya selevel staff (aku lupa rinciannya) tapi intinya jenjang karirnya akan lamaaaaaa banget. Sedangkan kalau di telkom, jenjang karirnya akan cepat dan berbagai pertimbangan lainnya.

By the way, penempatanku sekarang di Jakarta. Dulu paling gak pengen di tempat ini. Tapi Tuhan paling tau yang mana yang terbaik untuk kita kan. Dan sekarang aku gak pernah berhenti bersyukur karna berkah Tuhan luar biasa. Alhamdulillah.

Komentar